close
Inspiration For Men

9 Alasan Mengapa Latihan Anda Gagal Memebntuk Six-Pack

Memiliki otot perut yang seksi merupakan salah satu fitness goal atau alasan utama dari mayoritas pria pergi ke gym. Tidak penting apakah Anda dalam proses perampingan tubuh atau justru menambah massa otot, memiliki otot perut merupakan hal yang penting bagi pria. Saat ini mungkin Anda sudah berlatih keras untuk mengukir six pack yang Anda harap-harapkan di atas otot perut Anda. Lalu mengapa otot-otot tersebut tak kunjung datang?

Berikut Hicoop berikan 10 alasan yang menjadi penghalang Anda mendapatkan otot perut yang Anda idamkan.

9. Low-msucle tone 

Alasan pertama Anda belum berhasil membentuk otot perut cukup sederhana yaitu kecilnya otot perut yang saat ini Anda miliki. Setiap orang memiliki tingkat perkembangan otot perut (abdominal) yang berbeda, dan beberapa orang memiliki tingkat pertumbuhan yang sangat rendah. Semakin besar otot perut yang Anda miliki, semakin besar pula kesempatan six pack Anda untuk terlihat. Tingkatkan beban latihan Anda untuk mengatasi masalah ini. Latihan sit-up dengan beban bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah ini.

8. Faktor Genetik

Alasan lainnya Anda tidak memiliki otot perut yang Anda idamkan adalah faktor genetik. Beberapa orang dilahirkan dengan kadar lemak perut yang tinggi. Biasanya mereka yang mengalami masalah ini memilik kesulitan membentuk otot perut meskipun sudah berlatih cukup keras. Faktor genetik sangat berpengaruh menentukan bentuk dari otot abdominal dan bagaimana otot tersebut terlihat di perut Anda.

7. Konsumsi Air Yang Tidak Memadai

Di era modern ini, makanan cepat saji dan makanan-makanan yang diproses dengan pengolahan yang berlebihan mendominasi menu makanan yang kita santap setiap harinya. Jika Anda memiliki diet yang tinggi sodium (garam) dan mengkonsumsi air dalam jumlah sedikit maka tidak heran jika perkembangan otot Anda kurang maksimal. Tingkatkan konsums iair Anda paling tidak 10 gelas per hari dan kurangi konsumsi garam Anda. Anda dapat melihat perbedaannya dalam waktu 2-3 hari.

6. Waktu Istirahat yang Minim

Jika Anda sering begadang sebaiknya Anda harus melupakan impian untuk memiliki six pack. Pasalnya kurang tidur dapat meningkatkan gelombang koristol di dalam tubuh Anda, dan hormon satu ini berfungsi memicu bertambahnya akumulasi lemak di perut. Tidurlah lebih awal, hal ini tidak hanya bermanfaat dalam pembentukan otot perut tetapi juga dapat meningkatkan produktivitas Anda di siang hari sehingga Anda tidak perlu lagi bekerja hingga larut malam.

5. Kurangnya Konsumsi Karbohidrat 

Kebanyakan orang berpikir mengurangi karbohidrat dari diet mereka merupakan cara paling cepat untuk membentuk otot perut. Sayangnya, hal tersebut bukanlah solusi utama dalam membentuk six pack. Low-carbs diet mungkin berguna untuk mengurangi lemak tubuh, tetapi menjalankan diet ini dalam waktu panjang hanya akan membawa masalah bagi tubuh Anda. Hormon-hormon yang berfungsi membakar lemak justru akan berubah ketika Anda mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang terlalu rendah, dan hal ini hanya akan memperlambat metabolisme tubuh Anda. Dan ketika metabolisme Anda melambat, sistem tubuh Anda hanya akan membakar sedikit kalori setiap harinya yang berarti pembakaran lemak menjadi hal yang mustahil. Konsumsilah karbohidrat dalam jumlah besar sekali dalam seminggu untuk menjaga keseimbangan sistem Anda.

4. Pola Latihan yang Terlalu Fokus Pada Otot Perut

Pria yang memiliki fitness goal untuk mempunyai six pack biasanya memfokuskan latihan mereka untuk melatih otot abdominal. Sayangnya pola latihan ini justru membuat mereka semakin jauh dari tujuan mereka. Perlu diketahui otot perut sangatlah kecil dan mereka sedikit sekali membakar kalori(dalam hitungan per menit latihan). Sebaliknya lebih baik Anda fokus pada latihan gabungan. Latihan gabungan dapat memberikan latihan yang menyeluruh pada seluruh bagian tubuh termasuk otot perut, dan latihan ini tentu saja dapat membakar kalori 10 kali lebih banyakdari sekedar crunch atau sit-ups

3. Lemahnya Kontrol Abdominal

Abdominal kontrol tidak berakhir saat Anda selesai latihan. Jika Anda melatih otot perut Anda secara keras di gym tetapi membiarkaan otot-otot tersebut relaks sesudahnya, Anda melakukan kesalahan besar.Sebaiknya Anda fokus untuk menngkontrolnya sepanjang hari.

2. Konsumsi Alkohol Berlebihan

Ketika memasuki tubuh memasuki tubuh, alkohol segera berdampak pada sistem pembakaran lemak Anda. Alkohol dapat memperlambat metabolisme tubuh dan meminum alkohol dalam jumlah banyak dan dalam jangka waktuyang singkat juga dapat memicu akumulasi lemak di area perut. 

1. Anda Terlalu Stres

Sama seperti kurang tidur, stres yang terlalu tinggu dapat memicu pelepasan hormon koristol yang mana dapat menyebabkan penumpukan lemak di area perut. Selainn itu menjalani gaya hidup yang penuh tekanantidak hanya memicu penumpukan lemak tetapi juga berisiko menyusutkan masa otot yang sudah Anda bentuk.Jika Anda ingin memiliki otot perut yang Anda idamkan, Anda harus bisa mengontro tingkat stres Anda.