close
Inspiration For Men

Mengapa Anda Harus Memiliki Jaket Kulit

Jaket kulit (leather jacket) identik dengan lelaki dan kejantanan, meskipun saat ini banyak wanita yang juga mengenakan. Namun ada alasan penting kenapa sebaiknya anda memiliki jaket kulit dalam lemari anda. Alasan pertama karena jaket kulit  sangat fleksibel,  cocok dipasangkan dengan jenis pakaian apapun yang ada di lemari pakaian anda, dari kaos sampai kemeja, dari jeans sampai chinos, dan dari sepatu kulit sampai sneakers.  Alasan kedua, jaket kulit berkualitas baik akan bertahan dalam jangka waktu bertahun-tahun, sehingga uang yang anda keluarkan boleh dibilang menjadi investasi jangka panjang bagi penampilan fashion anda.

Anda belum berpengalaman memilih jaket kulit?  Hicoop akan membantu dengan beberapa tips berikut, agar pilihan anda tepat.

Model/Potongan Jaket Kulit

Model jaket kulit telah berkembang dan bervariasi, namun ada 3 potongan dasar yang dikenal yaitu leather bomber jacket, leather biker jacket dan leather blazer. Masing-masing model potongan ini terlihat pas dalam cara yang sama sekali berbeda.

Bomber jacket atau disebut juga flight jacket, disebut demikian karena jaket ini didesain untuk para pilot yang bertugas menjatuhkan bom di masa perang dunia pertama dan kedua, memiliki potongan yang cocok bagi pria berbadan kurus dengan bahu lebar karena jaket ini akan memberi ruang pada area disekitar dada dan ketat di bagian pinggang.

Leather Bomber Jacket

Biker jacket atau rider jacket memiliki model yang sangat pas pada tubuh dan bahkan dibuat cukup ketat/sempit. Model jaket ini memang awalnya dibuat untuk para biker atau pengendara sepeda motor dimana jaket berfungsi untuk menahan angin saat berkendara, sehingga rancangannya tidak dibuat longgar sebab akan berkibar-kibar ketika tertepa angin jalanan.  Jaket kulit model biker ini biasanya dilengkapi pernak-pernik metal dan resleting pada kantong-kantongnya.

Leather Biker Jacket

Blazer jacket adalah jaket pria model klasik yang dikembangkan dari rancangan jaket yang orisinil, tersedia dalam berbagai bentuk ukuran, dari yang slim fit sampai bemacam-macam potongan yang cukup nyaman dikenakan.

Leather Blazer Jacket

Warna

Pada umumnya ada dua warna yang ditawarkan jaket kulit. Coklat memberikan kesan kasual atau  gaya yang lebih vintage, lebih cocok berpadu dengan jeans. Sedangkan warna hitam bisa disandingkan dengan setelan bisnis dan memberikan kesan “macho” jika dipadukan dengan celana panjang kasual atau jeans. Jika anda tidak tahu warna apa yang ingin anda miliki, maka putuskanlah dengan cara memperhatikan mayoritas isi lemari pakaian anda, apakah isinya lebih condong ke bisnis atau kasual.

Bahan

Bahan jaket kulit berkualitas tentunya dari kulit sapi dan kulit domba. Kulit sapi berkualitas dengan umur sapi yang matang biasanya memiliki tekstur lebih kasar dan tidak datar. Domba lebih halus dari sapi sehingga mampu dibentuk dengan lebih baik. Namun kulit domba tidak lebih bagus dari kulit sapi dalam menahan air dan dingin, selain itu kulit domba akan mudah menimbulkan garutan.

Kenyamanan

Secara umum jaket kulit dibuat agar pas di tubuh, namun demi kenyamanan penggunaan pastikan anda memilih ukuran yang tidak terlalu pas dan terlalu ketat dengan tubuh anda. Semoga tips-tips sederhana ini akan sangat membantu anda dalam memilih jaket kulit yang baik. Ketika anda sudah mendapatkan jaket kulit idaman and, janga lupa untuk berbagi tipsnya bersama kami di sini.